Pemindai adalah: definisi, fungsi, jenis, komponen

Pemindai-adalah-definisi-fungsi-jenis-komponen

Memahami pemindai

Scanner adalah alat input pada komputer yang dapat menyalin atau menyalin gambar atau teks, yang kemudian disimpan dalam memori komputer dan objek seperti mesin fotokopi digandakan dalam bentuk digital. atau dapat berupa dokumen yang kemudian diimport ke dalam komputer dan ditampilkan dalam bentuk digital pada monitor.
Fungsi pemindai

Pemindai-adalah-definisi-fungsi-jenis-komponen

Berikut adalah beberapa fitur pemindai, termasuk:

1. Salin file

Fungsi asli dari scanner adalah sebagai alat yang dapat menyalin file-file penting yang keberadaannya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik file tersebut.
2. Dokumentasi

Beberapa pengguna memilih pemindai ketika ingin mendokumentasikan atau menyimpan file yang dianggap penting.

3. Manajemen file

Ketika datang ke file fisik, risiko terkecil adalah membuang-buang waktu untuk manajemen yang sulit. Dengan pemindai, setiap file dapat dengan mudah dikelola dan dikategorikan. Jika file diperlukan, versi digital tersedia untuk diambil kapan saja.
4. Keamanan file

File konvensional memiliki ancaman fisik yang dapat diserang kapan saja. Dengan pemindai, file lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan keberadaan versi aslinya.
Jenis pemindai

Ada beberapa jenis scanner antara lain:
1. Pemindai drum

Pemindai drum adalah pemindai yang terlihat seperti drum, juga dikenal sebagai tabung. Pemindai ini pada dasarnya adalah jenis pemindai yang luar biasa, terutama yang berkaitan dengan resolusi gambar yang dapat dihasilkan. Pemindai drum ini harus dapat menghasilkan gambar dan memindai dengan resolusi hingga 24.000 ppi atau piksel per inci. Artinya kualitas gambar yang dihasilkan dengan media pemindai drum ini sangat detail dan jernih serta memiliki resolusi yang sangat tinggi.
Keuntungan dari pemindai drum

Dapat memindai dokumen serta benda datar atau kertas besar
Getaran minimal agar hasil scan tidak mengalami distorsi dan getaran
Sangat cocok untuk mendapatkan dan mempertahankan hasil gambar yang maksimal dari sebuah dokumen
Berguna untuk memindai dokumen lama yang rapuh

Baca lebih lanjut: Penghakiman adalah
Kekurangan pemindai drum

Bentuk fisik alat pemindai sangat besar, yang membuat alat ini sangat tidak nyaman untuk digunakan sehari-hari
Harga pemindai sangat tinggi, dan juga sulit untuk mendapatkan pemindai drum
Keterbatasan objek yang dapat dipindai atau dipindai.

2. Pemindai alas datar

Pemindai flatbed adalah jenis pemindai yang datar dan rata, seperti tempat tidur. Ini adalah jenis pemindai konvensional yang umum dan banyak digunakan di dunia perkantoran maupun di dunia pemindaian dokumen. Jenis scanner ini paling banyak digunakan dan juga digunakan karena kecil, kompak, dan kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar, dari kertas legal dan letter hingga A3. Pemindai flatbed ini menggunakan teknologi CCD atau Charge Coupled Device sebagai mata yang dapat memindai dokumen yang dimasukkan ke dalamnya.
Keuntungan dari pemindai flatbed

Harganya relatif lebih murah dibanding scanner lainnya
Kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer
Dapat memindai dan memindai semua jenis kertas dengan ukuran tertentu
Hemat listrik dan juga listrik
Resolusi objek cukup bagus

Kekurangan pemindai flatbed

Hanya dapat memindai di satu sisi item
Tidak terlalu efektif saat memindai banyak item

3. Pemindai film

Pemindai film adalah jenis pemindai yang menggunakan teknologi yang sama dengan pemindai flatbed, yaitu CCD sebagai mata yang melakukan pemindaian, tetapi didedikasikan untuk objek yang berbentuk film negatif. Jadi pemindai film ini mampu mengubah objek yang disimpan pada film negatif ke bentuk digital dan juga mengubahnya dan Anda menyimpannya di komputer Anda. Meskipun alat ini adalah alat yang sangat berguna untuk penggunaan pribadi, harga pemindai film ini cukup tinggi dan juga bisa sedikit sulit didapat. Berbeda dengan pemindai flatbed yang bisa Anda temukan dengan mudah di mana saja. Selain itu, pemindai film juga memiliki fungsi terbatas yang hanya mampu memindai bentuk film negatif dan bukan jenis dokumen lainnya.
4. Pemindai gulung

Roller scanner adalah jenis scanner yang fungsinya sama dengan flatbed scanner yaitu untuk memindai dokumen atau gambar yang secara fisik berupa lembaran atau benda yang mudah dipindai. Perbedaan utama antara roll scanner dan flatbed scanner adalah metode yang digunakan.

Ketika flatbed menggunakan teknologi CCD, itu menjadi “mata” yang bergerak saat konten dokumen dipindai

 

Lihat Juga :